Ganksar Komputer

JL. S. Supriadi No.112 (Depan Polsek Sukun) Kec. Sukun , Kota Malang - Jawa Timur 088801774270 / 08534787634

GANKSAR KOMPUTER - JL.S.Supriyadi No.112 (Depan Polsek Sukun / 400M Utar Kampus Kanjuruhan) TLP/SMS/WA 0888 0177 4270 / 085 23478 7634

Layar Laptop Mati

 Layar Laptop Mati atau dikenal juga laptop tidak bisa tampil atau di sebut juga laptop layar bleng hitam, bleng putih.

Alamat service laptop di kota Malang, 
JL. S. Supriadi No.112 (Depan polsek sukun Malang)

Dalam postingan kali ini kami akan mengulas satu persat keluhan pada laptop yang di sebut tidak tampil dan sebap serta cara penyelesaiannya secara sederhana atau pada penangan pertama yang bisa anda lakukan dirumah.

Sebelum melakukan pelepasan komponen atau part lain disarankan terlebih dahulu putuskan hubungan arus dengan laptop anda bisa berupa carger atau bateray laptop agar mengurangi resiko kecelakaan kerja.

Laptop tidak tampil layar hitam tidak ada tulisan sama sekali dan lampu pada layar LED tidak menyala sama sekali. Hal ini bisa disebapkan oleh :

  • Kerusakan pada memory RAM. Kerusakan pada memory RAM bisa anda lakukan sendiri dirumah dengan cara membersihkan dengan menggunakan thiner atau menggunakan karet penghapus pada kaku RAM yang warna kuning, bila tetap sama juga coba gantikan dengan yang lain, sebelum ganti pastikan nilai PC dan seri RAMnya sama kalau kapasitas tidak pengaruh. 
  • Kerusakan pada VGA. Kerusakan pada chipset VGA untuk mengatakan hal ini rusak atau tidaknya setelah dilakukan pengecekan oleh teknisi. Adapun pengecekannya meliputi amper kerja pada mainbord laptop serta dilakukan pengukuran alur kerja pada beberapa rangkaian penggerak dan rangkaian pendukungnya
  • Kerusakan pada procecor atau rangkaian penggerak procecor. Kerusakan pada procecor atau rangkaian penggerak procecor sama halnya yang dilakukan pada kerusakan VGA diatas.
  • Kerusakan pada rangkaian IO. Rangkaian IO yang kami maksud disini adalah rangkaian yang tertanam pada motherbod laptop dan tentunya yang dapat melakukan pengecekan dan menentukan bermasalah adalah teknisi laptop
  • Kerusakan pada system BIOS. Kerusakan pada Bios bisa mengakibatkan laptop tidak tampil bahkan mati total, karena yang mengendalikan beberapa kompo
  • nen pada moterbod laptop adalah BIOS atau dikenal eprom (program asembelir) yang dapat melakukan komunikasi dengan beberapa IC dan komponen lainnya. Tentunya kerusakan ini yang bisa melakukan pengecekan serta pergantian eprom BIOS adalah teknisi laptop karena mempunyai alat dan eprom BIOS itu sendiri.
Laptop tidak tampil bleng putih atau layarnya hanya nyala putih saja. Pada kerusakan seperti ini bisa disebapkan oleh beberapa hal:
  • Kerusakan pada LCD / LED. Pada kerusakan ini bila anda bisa membongkar sendiri coba lakukan penggantian LED yang pasti soketnya sama dan untuk besar atau kecilnya tidak pengaruh, setelah memastikan yang rusak LED anda dapat melakukan penggantian dengan membeli sendiri LED laptop yang ukuran sama dan soket sama atau spesifikasi yang sapa.
  • Kerusakan pada kabel fleksiber yang menghubungkan antara motherbod laptop dengan LED. Kerusakan seperti ini biasanya disebabkan kabel fleksibel yang kejepit atau serat kabel yang mulai kurang bagus mengantarkan arus atau data, kerusakan seperti ini disarankan langsung ganti saja daripada memperbaiki, karena bila salah malah mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada laptop anda.
  • Kerusakan pada rangkaian LVDS. Kerusakan pada rangkaian LVDS mada moterbod laptop ini bisa disebabkan oleh komponen pendukun yang sudah mulai menurun kinerjanya hingga diperlukan penggantian, tentunya yang bisa menganalisa kerusakan seperti ini adalah teknisi laptop karena mempunya alat yang memadai dan skil yang mumpuni.
Laptop bleng hitam atau hanya hidup laptu LED  saja namun tidak mengeluarkan gambar atau tulusan. Kerusakan seperti ini bisa disebabkan oleh masalah pada LED panel, pada kabel fleksibel, atau bahkan pada mainbord. Untuk memastikan yang bermasalah tentunya ada bisa melakukan hal yang termudah yaitu dengan melakukan penggantian LED panel saja dulu, bila ternyata bukan LED panel yang bermasalah bisa menyerahkan kepada teknisi laptop saja.


Laptop tampil namun tidak dapat mengakses windos. Kerusakan seperti ini banyak pengguna laptop mengatakan tidak tampil, namun kami kalangan teknisi lebih tepat mengatakan laptop tidak dapat booting atau gagal booting harddisk.
Kerusakan seperti ini bisa disebabkan oleh 
  • Windos yang bermasalah, bila bermasalah tentunya harus diperbaiki bisa dengan repair windos atau melakukan instal ulang windos.
  • Hardisk yang sudah rusak, untuk memastikan harddisk rusak bisa bisa dirasakan laptop proses laptop yang sangat lemot dan bisa dilakukan pengecekan pada BIOS laptop. 


Bila anda berada di kota Malang tempat service laptop di Malang Ganksar komputer bisa menjadi solusi masalah laptop anda yang alamatnya di JL. S. Supriadi No.112 (Depan polsek sukun Malang)

1 comments:

Terimakasih atas partisipasi anda

Service laptop Malang

Follow Us

Alamat Kami

Tempat Service Laptop dan Printer Malang Ganksar Komputer JL. Supriadi No.112 (Depan polsek Sukun) Malang HP 085234787634

Popular Posts